Website Resmi Milik Desa Sugihwaras, Kecamatan candi Kabupaten Sidoarjo Media Informasi Tentang Desa Sugihwaras, Kami Siap Melayani Anda.  

Pelatihan Batik Celup Berbahan Alami

Kang Amir | 17 Desember 2019 11:22:02 | Berita Desa | 34 Kali

Sugihwaras - Pada pagi ini telah di adakan sebuah pelatihan bertempat di Balai Desa Sugihwaras, Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo, Pelatihan tersebut di beri tema "Pelatihan Batik Eco Print" dimana cara pewarnaan batiknya menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan seperi Daun Jati, daun jambu dan daun-daun yang lain.

 

Sasaran dari pelatihan batik ini adalah Ibu Rumah tangga yang masih produktif, sehingga bisa mengembangkan sebuah usaha mandiri untuk meningkatkan ekonomi rumah tangga. Rangkaian acara dimulai dari pemberian materi dilanjutkan dengan pelatihan praktek langsung yang semua bahan berasal dari Dana Desa yang di kelola oleh Pemerintah Desa Sugihwaras.

 

Dalam sambutannya Kepala Desa Sugihwaras Bp. Syaiful mengatakan "Pelatihan dan pemberdayaan sudah banyak diberikan kepada masyarakat Desa Sugihwaras, Harapan saya seluruh masyarakat bisa mandiri dan mampu meningkatkan ekonomi keluarga", Selebihnya beliau menambahkan "Jangan sampai setelah pelatihan dan pemberdayaan ini, warga pasif untuk merealisasikan hasil dari pelatihan ini".

 

Pelatihan kali ini yang menjadi panitia adalah pasukan LPMD sebagai lembaga pemberdayaan masyarakat desa, Dalam hal ini lembaga harus bersinergi dengan pemerintah desa dalam segi pelatihan maupun pemberdayaan masyarakat serta menampung aspirasi pembangunan yang ada di Desa Sugihwaras. Para peserta yang hadir dalam pelatihan ini adalah dari Kader PKK maupun ibu-ibu yang berusia produktif.

 

Sebagai Nara Sumber yaitu Ibu Erna selaku ketua LPMD mengatakan "Dengan adanya pelatihan seperti ini, sebagai Lembaga Desa saya siap membimbing para kaum hawa untuk lebih produktif lagi dalam bewirausaha mandiri", "Jika ada yang ingin bertanya di luar pelatihan saya siap membina seluruh peserta sampai bisa" tambahnya.

 

Batik hasil dari pelatihan ini akan kita pasarkan melalui forum UMKM maupun media sosial, agar produk-produk yang dihasilkan oleh masyarakat Desa bisa dikenal oleh khalayak ramai. Selagi kita mampu untuk bergerak maka jangan tunda atau tunggu orang lain yang melakukannya.

 

Harapan Bapak Kapala Desa Sugihwaras selalu bertumpu untuk meningkatkan ekonomi produktif, sehingga masyarakat mampu untuk menjadi masyarakat yang mandiri dan sukses dalam berwirausaha. Kegiatan seperti ini akan terus kita pertahankan agar timbul masyarakat cerdas dalam berbisnis secara berkesinambungan.

 

Semoga Bermanfaat....

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung