Website Resmi Milik Desa Sugihwaras, Kecamatan candi Kabupaten Sidoarjo Media Informasi Tentang Desa Sugihwaras, Kami Siap Melayani Anda.  

Acara Ruwat Desa Sugihwaras Tahun 2020

Kang Amir | 19 Maret 2020 23:19:16 | Berita Desa | 28 Kali

Sugihwaras - Acara ruwatan Desa Sugihwaras tahun 2020 ini tepat pada tanghal 4 Bulan April yang akan digelar sebuah pengajian Akbar dengan Pembicara KH. Samsul Abadi dari Jombang, Sebelum acara Pengajian seperti biasanya diadakan Ziarah Kubur Massal ke para pendiri desa (babat alas) yang selalu dimulai dari Makam Mbah Sirogati ( Mbah Singolatri atau Mbah H. Nur) di lanjutkan ke makam Mbah Ronggo dan yang terakhir ke Makam Mbah Wareng. Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada malam H-1 dengan pembacaan Surah Yasin dan Tahlil.

 

Tujuan dari Ruwatan Desa ini adalah sebuah wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia berupa Desa yang makmur, tentram, Sugih dan Waras, Wujud dari rasa syukur ini kita tuangkan dalam acara mengirim Do'a kepada para pendiri Desa dan melakukan penyembelihan Sapi untuk kita makan bersama dengan seluruh warga Desa Sugihwaras.

 

Ruwat Desa itu sendiri adalah Mengajarkan kita untuk bersedekah terhadap sesama warga Desa Sugihwaras karena Donasi selain dari Pemerintah Desa juga ada sumbangsi dari masyarakat yang tergolong mampu, yang selanjutnya di kelola oleh panitia dan pemerintah desa untuk di makan bersama warga tanpa pandang bulu maupun kasta.

 

Dalam kehidupan sehari-hari kita harus membudayakan hal-hal yang bisa kita ambil dari makna ruatan Desa Sugihwaras yang memang sudah di adakan setiap tahun sekali ini, Kita bisa mensikapi bahwa Hidup dengan Guyub Rukun dalam bermasyarakat akan bisa menopang kemajuan Desa Tercinta kita ini. Susah Senang kita bersama bersatu untuk memajukan Desa Sugihwaras.

 

Sikap Asah, Asih dan Asuh harus kita semayamkan ke lubuk hati kita yang paling dalam, agar tergores sebuah jiwa yang selalu melihat dengan bangga jika ada orang lain senang berkat hasil jerih payah dan usaha kita. Dengan demikian akan muncul kebanggaan pada diri kita sendiri jika kita mampu menyenangkan hati orang lain dengan perilaku kebaikan kita.

 

Dengan perasaan yang seperti itu sehingga kita mampu membuang perasaan dan niat kita untuk membuat orang lain sengsara, Ruwat Desa Tahun 2020 ini mari kita jadikan ajang Silaturahmi dan Memperbesar rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung